Jumat, 26 November 2010

Idul Adha's Story

Sabtu 13 Nov’ 2010...

HP ku berdering seusai adzan subuh,,, “My Luph Dad” tulisan yang tertera dengan foto senyuman manis papa... langsung kuangkat... “Sudah sholat nak? Tanya papa dari ujung HP.. “Lagi ga’ sholat pa, jawabku... Oh, iyalah... obrolan pun terus berlanjut seputar keadaan papa dan keluargaku,, bahkan tak lupa aku bertanya kabar Payakumbuh beberapa hari terakhir... hingga akhirnya papa bertanya, “lai pulang rayo nak?”,, hmmm.. “belum tau pa, jawabku singkat, sambil sedikit terisak”...
Papa pun sepertinya memahami ekspresiku kala itu, dan tidak bertanya lebih lanjut... Beberapa saat kemudian, obrolan pun berakhir dan air mataku spontan menetes.... Entah apa yang kurasakan saat itu,,, sedih mungkin membayangkan untuk yang ketiga kalinya aku harus lebaran Idul Adha tanpa keluarga,,, (terlebih sedih membayangkan sendiri di kost an)... tapi saat itu aku masih bisa kuat, karena masih ada tiga orang adik-adik kost ku yang menemani.. namun tetap saja hati kecilku seakan menangis,, meskipun malam itu aku melewati kebersamaan bersama teman-temanku yang sudah cukup lama tidak berjumpa (baru hitungan bulan sech,,,)

Minggu 14 Nov ‘ 2010
Oh, iya,, aku ingat. Sabtu siang itu seorang teman ku menelpon dan memberi kabar bahwa ia akan ke Pekanbaru, tapi tentu saja bukan untuk berlebaran. “Aku mau numpang nginep di kost an ya Win, aku Senin ada ujian di UR”.. Hmhm,, sudah kuduga sebelumnya.. Sedikit senang sech... Eits, langsung terlintas di benakku, untuk nebeng kiriman dari rumah.. (Biasalah anak kost, seneng banget kalo misalnya dapat kiriman dari rumah,, apalagi soal makanan,, hemat jajan kan?!).. hehehe...

Wah, ternyata temanku itu jadinya berangkat jam 9 pagi,, yah, mendadak dipercepat yang seharusnya berangkat siang... hmmm,, pagi Minggu jam 7 aku pun langsung sms adinda tercinta,, you know??? Balasan sms nya agak lama,, geram geram geram.. ditelpon eh ga’ ngangkat... tenang saja,, adikku yang lain masih ada.. tapi tetap saja hasilnya sama.. Hah,, sudahlah.. waktu sudah menunjukkan jam 08.00... tettewwwwwwww... udahlah, alamat ga’ jadi nech.. pikirku,,, “I want no body no body but you”... eits, aku bukan sedang bernyanyi, tapi nada dering sms ku memang sebuah lagu dari wonder girl yg lagi ngehits... “lagi beres-beres rumah,” begitulah balasan singkat dr adikku.. Owh... akhirnya aku langsung telpon saja dan menceritakan maksud hati.. “Waduh, ivo lagi bersihin kamar mandi, di rumah juga lagi ga’ ada stok makanan atau buah”... hmm,, “Ya sudahlah,” jawabku singkat.. betul sekali. Batal dech tu dapat kiriman makanan.........

Jam 09.00 WIB.. Adikku balik menelpon,, You Know? Ternyata dia udah di depan rumah temanku itu dengan membawa sejumlah makanan.. hmhm... ternyata temanku itu udah berangkat 5 menit yang lalu... Hohoho... sudahlah........... Obrolan pun berlanjut pada saat sesi menelpon berikutnya... Adikku yang masih dalam suasana kerja pun memberikan HP nya ke papa.. “Iya, tadi Ivo ke rumah kawan wina tu, ternyata dia sudah berangkat,” (kata papa kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia)...

“Ya sudahlah pa, untuk di rumah saja”, jawabku.. Papa pun langsung menawarkan bagaimana kalau dikirim lewat travel saja.. Ya, penawaran yang sesuai dengan sms ku ke adikku, sesaat sebelum aku menelepon balik dia..
Entah mengapa, spontan aku tak bisa berkata-kata dengan lancar, terisak menahan air mata... apalagi ketika papa kembali bertanya mengenai kepulanganku saat Idul Adha... hmm,, aku hanya menjawab “bolehlah pa,”.. hingga akhirnya obrolan kututup dengan “Assalamu’alaikum pa”.... Ya.. Aku yang saat itu mau mandi, akhirnya mengurungkan niatku.. kembali ke atas tempat tidur dan menangis kecil.. (Biar ga’ ketahuan adik kos ku yang sedang bersiap untuk balek kampung)... huhuhuhuhu.......... sekitar 30 menit, akhirnya aku berhasil mengalahkan kesedihan sesaat ku.. yah, walaupun masih ada sisasnya...

Bergegas ke kamar mandi dan tetap pada niat pertama untuk servis motor, sekalian cuci motor... (sekalian cari makan siang juga sech)......
Jam 11.00... Nah, satu lagi adik kos ku udah prepare mau pulang, walaupun tu anak ngakunya ga’ dikasih izin pulang ma bonyok (nah Lho???)...
Yups, aku akhirnya mengeluarkan motor yang berada di lantai bawah.... hmm, di bawah masih rame....
Hooo,, ternyata hampir semua tempat servis motor udah tutup dan rame... aku pun akhirnya seperti musafir bermotor yang berjalan tak tentu arah... muter2 ga jelas, bolak balik ga jelas,, ups,, nyaris tabrakan........... Astagfirullah.... Alhamdulillah Allah masih sayang padaku...
Hingga akhirnya perjalanan tak tentu arahku berujung pada sebuah tempat cucian motor yang ga’ jauh dr rumahku.... sambil sms-an dan fb-an di HP, aku membiarkan motor kesayanganku dimandikan oleh dua orang laki-laki seusia adikku.. (kira-kira aja sech)......... bla bla bla...........

Udah makin siang aja nech.... ga’ lama lagi temanku bakal sampai,, hmm, ternyata ada seorang adek kos ku yang bakal ke kos juga malam itu, tapi jelas bukan untuk berlebaran. “Besok adek ada kuliah kk,” ujarnya lewat sms.. (Adek kos gw banyak banget sech).. ckckckck... lumayanlah untuk menghibur diri...........
Baru aja mau makan siang, temanku datang...... tapi untunglah dia udah makan siang....... hhahahaha.... Ya, dia langsung terkapar di kamarku, setelah sholat zuhur.........
Sore menjelang malam  pun adek kos ku yg td sms, datang...........
Malamnya.... aku masih bs tertawa karena masih ada teman di kos,, ya. Adek sekamarku yg balek kampung Senin paginya... temanku kemana? Owh, dia pergi sama sodaranya, yah, temen aku juga, pernah deketlah... hehehe.. trus adek kos yang baru nyampe td??? Hmm, biasalah, anak muda zaman sekarang, kemana lagi kalo bukan ngedate ama yayang.... tapi lumayanlah, aku bisa nitip bakso tenis malam itu,, walaupun telat sech... (ups, uangnya belum ku bayar).... hahaha...

Senin, 15 Nov 2010
Hmmmmm... bangun jam 03.00 pagi dengan niat mau sahur, karena aku mau menunaikan ibadah puasa sunnah... setelah memanaskan lauk sebentar, aku pun makan sendiri di depan tipi.. ga’ ada tayangan bagus, bahkan ada yg masih nyiarin semut berantem .. maklum kan bukan bulan ramadhan..... tak berapa lama,, adek kos ku yg datang sore minggu itu,, bawa2 kain kotor kaya’ mau ke sungai... “Adek mau rendam kain kk”,, katanya ketika kutanya mau ngapain.. Owh... anak kost yang rajin juga ternyata..

Selesai sahur balik tidur donk,, bangun lagi, sholat subuh........... Hmmmmmmm..
Saat aku bersiap-siap mau berangkat kerja, temanku juga bersiap-siap untuk mengahadapi ujian hari ini,, dan adek kos sekamarku juga tengah menunggu kedatangan travel.. sementara adek kos sebelah kamarku, sehabis mencuci pakaian, juga sudah bersiap untuk berangkat kuliah...........
Ya, pagi itu mungkin menjadi pagi terakhir senyumku (menjelang Idul Adha lho)... karena ternyata sore itu juga, adek kos ku balek ke rumahnya, yang terletak cukup jauh dari pusat kota Pekanbaru.. Temanku yang tadinya mau balek hari Selasa pagi, ternyata menelepon ku dan mengabarkan bahwa ia akan balik ke Payakumbuh sore itu juga....

Hati ku kembali sedih,, dalam keadaan berpuasa semangat kerjaku terasa agak menurun,, yah, walaupun tetap liputan tapi masih saja sedih...
Sedikit terhibur ketika papa mengabari bahwa kiriman jadi dititip pakai travel langgananku,,, ok... nanto sore sepulang kerja akan kuambil......... Oh No.......... kirimannya ternyata baru nyampe malam. Ya, karena travel yg berangkat jam 10 pagi ga’ ada, adanya jam 2 siang.. Hmmmm..... Ya Sudahlah...
Hujan di Pekanbaru sore itu, seakan menggambarkan suasana hatiku yang sedang sedih dan menangis kecil... Pengen banget pulang kampung!!!!!!!!!!

Wessss,, suasana sedih dan ingin menangis, mewarnai perjalanan ku menuju kost an sore itu.. Sore menjelang magrib, ingin segera sampai di kostan,, berbuka puasa dengan menu makanan seadanya.. nasi bungkus lah,,, hmhm....
Ups, ternyata temanku masih ada,, masih nongol.. haha.. “Travelnya mampir ke sana kemari dulu, jemput penumpang lain”, jelasnya ketika kutanya kenapa dia masih di kost an... Jam 18.45 WIB,, dia pun akhirnya meluncur bersama travel yang sudah menjemput........... Oh No!! I’m alone... (sebenarnya sech masih ada satu orang anak kos lagi,, tapi karena keberadaannya abstrak, yah gitu dech)..
Akhirnya malam itu aku.. makan sendiri, nonton sendiri,,, mau online ga’ bisa, biasa jaringannya ngadat.. makin kesal lah.. akhirnya aku pun menangis........ telepon mak uwo, etek-etek sagalo lah... huhuhu... telpon adik yang di Padang, “Yn besok pulang”.. Oh No!!!!... tralalaaaaaaaaaaaaaa.... huaaaaaaaaaaaa.....

Jam 20.00 WIB... Allahuakbar 3x....
Wow, gema takbir mulai berkumandang... Pertanda esoknya lebaran Idul Adha.. Ya, memang ada perbedaan dalam pelaksanaan Idul Adha tahun ini.. ternyata RT setempat lebaran Selasa, sementara aku selasa masih kerja... Weits,, makin lancar lah tu air mata mengikuti suara takbir...

Selasa, 16 Nov 2010
05.30... terbangun oleh gema suara takbir.......... Ups,, langsung loncat dr tempat tidur, ambil wudhu dan sholat subuh... hmm, malas banget rasanya mau bergerak untuk bersiap-siap ke kantor... Gema takbir yang semakin luar biasa, semakin menambah keinginanku untuk pulang...... Hmmm... tapi apa daya, aku harus tetap beraktivitas hari ini... ups, sebentar dulu, ada yg terlupa.. jam 06.30 adek kos ku yg abstark itu pamit, “kak, pulang dulu ya”,, ujarnya singkat sambil membuka pintu.. “Iya,” jawabku singkat. Klop!!! Sempurna lah kesendirianku di kost an tercinta ini... Lengkap sudah semuanya.......
07.20 WIB... Selesai mandi dan bersiap-siap untuk ke kantor,,, mendengar khatib dengan menggebu-gebunya berkhutbah.. ga’ tau dech apa memang semangat atau lagi marah... isi khutbahnya kok sama ya sama tahun2 sebelumnya... kehabisan tema kali ya.... entahlah..........

07.45 siap untuk ke kantor, kunci semua pintu, matikan mesin air dan hidupkan lampu... Ya, suasana yang tak ku suka sebetulnya.... tapi.......... Life must go on J

08.05 berangkat ke kantor..... sepanjang perjalanan aku mengumandangkan takbir dalam hati, sedih dan galau jadi satu,, setiap mesjid yang kulewati sudah ada yg sholat idul adha... Oh Tidak!!! Aku benar-benar ingin pulang... ya ya ya... aku benar-benar sedih harus lebaran Idul Adha sendiri lagi, jauh dari orang tua.. Sanak sodara sech banyak, tapi ga’ mungkin juga ngungsi ke sana, ada alasan yang tak bisa kujelaskan........
Sempat terlintas, kenapa aku ga’ ikutan lebaran aja hari ini??? Sholat pun ga’ akan mengganggu jam lerja ku, karena jam 08,00 udah kelar kok... tapi, tiba-tiba aku tersadar,, hmm.. entahlah... bla bla bla... aku menuju ke kantor dengan perasaan ga’ enak......... berharap papa ga’ nanya lagi kapan aku pulang.. Bukan apa-apa sech, tapi males ngeluarin air mata lagi....... Maaf ya Pa...

08.20 nyampe di kantor... suasana hati masih sama,, tapi berharap agar mood tetap terkontrol.. Ya, profesional kerja harus berlanjut... Mungkin aku masih terlalu muda untuk memahami apa itu profesional kerja, at least aku sudah melakukan yang terbaik... bahkan saat menulis kisah ini pun, hatiku menangis.. “aia mato jatuah ka dalam”.... tetap tersenyum walaupun hati teriris... hmhm... ya, berharap ada makna di balik semua ini...

Idul Adha kali ini memberikan banyak pengalaman dan pelajaran buatku..... Hidup jauh dr orang tua tidak harus membuat aku jauh dr kehidupanku sendiri dan lingkunganku... Semoga Allah senantiasa memberikanku kekuatan untuk menjalani Idul Adha besok.. Amin :-) 

Rabu 17 Nov 2010.. Tunggu Kisah Selanjutnya :-)

Tidak ada komentar: